16.9 C
London
Kamis, September 19, 2024
BerandaPolres MalangUpacara Adat Labuhan/ Larung Sesaji ke-115 tahun 2024 Kec. Donomulyo Kab. Malang

Upacara Adat Labuhan/ Larung Sesaji ke-115 tahun 2024 Kec. Donomulyo Kab. Malang

Date:

spot_imgspot_img

Malang- Dalam rangka melaksanakan kegiatan budaya rutin tahunan Ke-115 Tahun 2024 di gelar Upacara Adat Labuhan/Larung Sesaji bertempat di Rumah Lumbung dan Gunung Kombang Pantai wisata Ngliyep Desa Kedungsalam Kec. Donomulyo Kab. Malang, Rabu(18/09/2024)

“Kegiatan Labuhan/Larung Sesaji ini di gelar selama 3 hari meliputi; Hari pertama dilaksanakan acara selamatan di rumah lumbung, Hari Kedua Penerimaan ubo rampe Labuhan dari Kerabat Lubuh , Hari Ketiga persiapan meliputi penyembelihan hewan qurban, penataan dan persiapan upacara labuhan di Gunung Kombang Pantai Wisata Ngliyep.” ucap Sukamto

Labuhan menjadikan masyarakat yang tinggal di daerah Desa Kedungsalam masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan tradisi. Sebagai bentuk upaya pelestarian tradisi, berbagai upacara dan ritual masih rutin dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kedungsalam.

Budaya labuhan sesaji merupakan tradisi warga persisir yang masih dijalankan hingga saat ini, khususnya di daerah pesisir laut selatan. Hal ini merupakan bentuk kearifan warga lokal sebagai rasa syukur atas karunia Tuhan.

Menurutnya, Kecamatan Donomulyo, yang memiliki berbagai lokasi wisata menarik Seperti Pasir Panjang, Pantai Modangan dan Gunung Kumbang, Sendang Kamulyan dan yang lain sebagainya adalah potensi yang sangat baik ekonomi dan budaya bagi UMKM masyarakat Donomulyo.

Destinasi wisata yang dimiliki oleh wilayah Kabupaten Malang tersebut, akan memberikan kontribusi guna mendongkrak perekonomian di daerah atau wilayah sekitar tempat wisata pantai Ngliyep Malang Selatan. Terlebih, Kecamatan Donomulyo memiliki keunggulan dengan banyaknya tempat wisata pantai.

Nurman Wibowo Leksono, Camat Donomulyo, menambahkan, bahwa kegiatan budaya Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab budaya tersebut merupakan upaya melestarikan budaya bangsa yang akan diikuti warga setempat. Masyarakat mengarak sejaji larung dan kirab budaya dari Pantai Ngliyep menuju puncak Gunung Kumbang yang berjarak kurang lebih 300 meter.

“Larung Sesaji tersebut diantaranya adalah kepala kambing, yang nantinya dilemparkan ke laut secara bersama-sama,” ungkap Camat Donomulyo. 

Prosesi atau upacara adat Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab bersama di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang dinilai mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung, yang diharapkan mampu memutar roda perekonomian masyarakat sekitar.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Berita terbaru

spot_img