11.5 C
London
Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaPolres MalangKapolsek Singosari Hadiri Acara Grama Tirta, Peringatan Hari Jadi Desa Toyomarto ke-1119

Kapolsek Singosari Hadiri Acara Grama Tirta, Peringatan Hari Jadi Desa Toyomarto ke-1119

Date:

spot_imgspot_img

Polres Malang – Kapolsek Singosari Kompol Masyhur Ade menghadiri acara “Grama Tirta” dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Toyomarto yang ke-1119 di Wisata Pentungansari, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (17/10/2024). Acara yang berlangsung mulai pukul 09.30 WIB ini berjalan dengan lancar dan tertib.

Acara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah tokoh di antaranya Drs. Purwoto dari Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Ibu Yunita dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Plt. Camat Singosari Willem, perwakilan dari Danramil Singosari Serma Hendri Sujono dan Kepala Desa Toyomarto Bpk. Sumito, S.H. Selain itu, hadir pula budayawan Ki Dalang Ardi, beberapa mantan kepala desa, serta jajaran perangkat desa, Babinkamtibmas Bripka Basuki, Babinsa Sertu Sunyoto dan para ketua RW dan RT se-Desa Toyomarto.

Rangkaian acara Grama Tirta diawali dengan pembukaan yang diikuti oleh pengalungan sal batik khas Desa Toyomarto kepada tamu undangan. Dilanjutkan dengan pemberangkatan rombongan kirab yang berasal dari tujuh dusun di desa tersebut, acara juga dimeriahkan oleh penampilan tim tari serta pemberangkatan para kepala dusun bersama Dewi Amerta dan tujuh putri.

Salah satu prosesi yang menjadi pusat perhatian adalah penyatuan tujuh sumber mata air dan tanah dari seluruh dusun yang ada di Desa Toyomarto. Simbolisasi ini menggambarkan kebersamaan dan semangat gotong-royong masyarakat dalam menjaga kelestarian alam. Sebagai penutup, burung perkutut dilepaskan sebagai tanda harapan akan kedamaian dan kesejahteraan bagi desa.

Dalam sambutannya, perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Drs. Purwoto, mengapresiasi peran masyarakat dalam menjaga budaya lokal dan berharap agar acara semacam ini dapat terus dilestarikan.

Kapolsek Singosari Kompol Masyhur Ade menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar perayaan tetapi juga wujud nyata pelestarian budaya dan kebersamaan warga Toyomarto.

Acara Grama Tirta menjadi momen penting dalam memperkuat ikatan sosial dan mempromosikan potensi wisata Desa Toyomarto, yang tahun ini genap berusia 1119 tahun.

(Humas Singosari)

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Berita terbaru

spot_img