11.8 C
London
Rabu, Oktober 23, 2024
BerandaPolres MalangPolsek Wonosari - Laksanakan Giat Sosialisasi Pengawasan Dan Penanganan Pelanggaran.

Polsek Wonosari – Laksanakan Giat Sosialisasi Pengawasan Dan Penanganan Pelanggaran.

Date:

spot_imgspot_img

POLRES MALANG – Iptu Mochammad Budiono S.H melaksanakan Laksanakan Giat Sosialisasi Pengawasan Dan Penanganan Pelanggan di Desa Kebobang Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, Rabu (23/10/2024) Dini Hari.

Iptu Mochammad Budiono S.H menjelaskan bahwa kegiatan Giat Sosialisasi Pengawasan Dan Penanganan Pelanggaran bertujuan untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat secara berkelanjutan agar masyarakat dapat memahami fungsi pengawasan secara total serta dapat melakukan pengawasan aktif sebagai mitra Bawaslu di Kecamatan Wonosari. Pengawasan partisipatif juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu.

Jika ikut berpartisipatif mengawasi pelaksanaan Pemilu, maka masyarakat tidak boleh melakukan keberpihakkan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu. Selain itu juga tidak boleh mengganggu proses penyelenggaraan tahapan pemilu. Mereka harus ikut mendorong terwujudnya suasana kondusif bagi penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar..”Pungkas Iptu Mochammad Budiono S.H.

Dalam menggugah kesadaran masyarakat, Bawaslu Kec.Wonosari melakukan sejumlah pendekatan terhadap stakeholder dan masyarakat. Beberapa strategi pendekatan yang diterapkan lebih menitik beratkan pada kelompok sasaran berbasis kearifan lokal. Dengan begitu maka kegiatan yang dilakukan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Bentuk sosialisasi pengawasan partisipatif dilakukan dengan melibatkan forum-forum warga, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain-lain . Selain mengundang semua unsur-unsur masyarakat.Tak ketinggalan sosialisasi kepada ASN pun tetap menjadi prioritas .

Diharapkan dalam penyelenggaraan pemilu, masyarakat tidak hanya sekedar sebagai objek tetapi mampu sebagai subjek dengan terlibat dalam proses pengawasan pemilu partisipatif. Hasil investigasi oleh jajaran Bawaslu Kecamatan Wonosari menunjukan bahwa ketidaktahuan tentang pentingnya arti pengawasan partisipatif demi terwujudnya penyelenggaraan pemilu yang bermartabat menjadikan salah satu indikator kurangnya kepedulian masyarakat untuk ikut mengawasi pemilu. Dengan sosialisasi pengawasan partisipatif yang senantiasa digencarkan, pada akhirnya tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Wonosari untuk memberikan informasi awal terhadap adanya dugaan pelanggaran pemilu semakin meningkat .

Melihat begitu besar potensi masyarakat untuk turut serta dalam pengawasan partisipatif pada setiap pelaksanaan tahapan pemilu 2024, Bawaslu Kec.Wonosari berkomitmen ke depan untuk tetap menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dengan beberapa strategi. Bawaslu Wonosari berpandangan bahwa sosialisasi haruslah menekankan pada kearifan lokal. Strategi mengajak kelompok sasaran berbasis kearifan lokal diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Wonosari. Kuncinya, sangat dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara pengawas pemilu dan seluruh stakeholder serta pihak masyarakat dalam mewujudkan pemilu 2024 di Kecamatan Wonosari yang demokratis, bersih dan bermartabat. Pelibatan masyarakat sebagai pengawas partisipatif semata mata dalam rangka untuk terus memperkuat dan memaksimalisasi kinerja pengawasan Bawaslu Kecamatan Wonosari.

Selama kegiatan berlangsung, anggota Polsek Wonosari tidak menemui kendala dan situasi aman lancar terkendali,”pungkasnya”.

hms wonosari

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Berita terbaru

spot_img