12 C
London
Senin, Oktober 28, 2024
BerandaPolres MalangKapolres Malang Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Tegaskan Semangat ‘Maju Bersama Indonesia...

Kapolres Malang Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Tegaskan Semangat ‘Maju Bersama Indonesia Raya’

Date:

spot_imgspot_img

MALANG — Kepolisian Resor Malang, Polda Jawa Timur, menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 yang berlangsung dengan khidmat di Halaman Polres Malang, Senin (28/10/2023). Mengusung tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’, peringatan ini menjadi momen merefleksikan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang telah dicanangkan sejak Sumpah Pemuda tahun 1928.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, memimpin langsung jalannya upacara yang diikuti oleh seluruh personel Polres Malang beserta jajaran Kapolsek. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, serta pembacaan teks Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Tidak hanya itu, para peserta juga membacakan kembali keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 dan menyanyikan lagu ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ serta ‘Bangun Pemuda Pemudi’ yang semakin memperdalam makna dan semangat nasionalisme di antara peserta.

Dalam amanat yang disampaikan, Kapolres AKBP Putu Kholis Aryana membacakan naskah sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Pihaknya mengingatkan para peserta akan pentingnya memaknai Hari Sumpah Pemuda sebagai simbol perjuangan yang harus terus digemakan untuk memperkuat karakter dan kesatuan bangsa.

” Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 ini harus selalu didengung-dengungkan berkali-kali di setiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia, dalam menghadapi pelbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat,” ungkap Kapolres AKBP Putu Kholis saat memimpin upacara, Senin (28/10).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini memiliki nuansa yang berbeda, bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru yang membawa agenda ambisius bagi pembangunan jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga menggarisbawahi bahwa generasi muda adalah kunci keberhasilan Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Pemuda diharapkan dapat berperan aktif dalam setiap aspek pembangunan, termasuk agenda Sustainable Development Goals (SDGs) yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berdasarkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2024 yang berada di angka 56,33 persen, pemerintah berharap peningkatan sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dunia industri, perguruan tinggi, dan media dapat memperkuat ekosistem pemberdayaan kepemudaan.

“Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan,” tambahnya.

Upacara peringatan HSP ini diharapkan menjadi momen kebangkitan bagi pemuda Indonesia untuk ikut serta dalam pembangunan dan pengembangan negara. Pemerintah menyerukan agar setiap elemen bangsa meningkatkan upaya pelayanan kepemudaan untuk menciptakan Indonesia yang maju, sejahtera, dan berdaya saing global.

Dengan semangat tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’. peringatan HSP kali ini diharapkan bisa menjadi pengingat akan pentingnya peran pemuda dalam memajukan bangsa.

“Marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda, melalui kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan,” pungkas Kapolres dalam menutup sambutannya. (u-hmsresma)

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Berita terbaru

spot_img