20.1 C
London
Kamis, Juni 20, 2024
BerandaPolres MalangKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Ajak Mahasiswa Baru UMM Mewujudkan Visi...

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Ajak Mahasiswa Baru UMM Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Date:

spot_imgspot_img

MALANG – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan kuliah umum yang menginspirasi kepada ribuan peserta Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Dome UMM, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jumat (15/9/2023). Dalam pidatonya, Kapolri memberikan pesan penting mengenai peran mahasiswa dalam membentuk masa depan Indonesia yang gemilang.

Dalam pidatonya, Kapolri Jenderal Listyo menyampaikan selamat kepada para mahasiswa baru UMM yang telah mengikuti rangkaian Pesmaba. Ia menekankan bahwa Pesmaba adalah ajang penting untuk mengubah mindset mereka dari siswa menjadi mahasiswa.

Kapolri menjelaskan bahwa lingkungan di universitas sangat berbeda dengan di sekolah, di mana mahasiswa diberikan kebebasan akademik dan diharapkan berpikir kritis. Hal ini merupakan bagian dari peran mahasiswa sebagai kontrol sosial.

“Perguruan tinggi adalah tempat di mana kalian akan diajak untuk berpikir lebih kritis, bebas berpendapat, dan mencari pengetahuan lebih dalam. Ini adalah bagian dari peran kalian sebagai kontrol sosial,” kata Jenderal Listyo di Dome UMM, Kabupaten Malang, Jumat (15/9).

Kapolri Sigit juga menekankan pentingnya persiapan para mahasiswa baru untuk menjadi calon pemimpin yang akan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Menurutnya, seluruh pihak memiliki tugas yang sama untuk mewujudkan visi menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa kepercayaan internasional terhadap Indonesia saat ini sangat tinggi, dan hal ini harus dipertahankan. Diplomasi yang disegani oleh negara lain telah meningkatkan posisi Indonesia di kancah internasional.

Dalam konteks pertumbuhan ekonomi, Kapolri Sigit mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga dalam pertumbuhan ekonomi di antara negara-negara maju dan memiliki tingkat inflasi yang rendah di antara anggota G-20.

Ia menjelaskan bahwa hal ini dapat dicapai berkat berbagai program pemerintah, termasuk peningkatan daya saing sumber daya manusia, peningkatan produktivitas sektor ekonomi, fokus pada ekonomi hijau, transformasi digital, integrasi ekonomi konkret, dan pemindahan Ibukota Negara (IKN).

Kapolri Sigit juga memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa baru mengenai tahun politik yang akan datang. Ia mengajak mereka untuk menjaga agar pemilihan umum berjalan dengan aman dan damai.

“Siapapun yang terpilih, kita harus menjaga agar perbedaan pendapat tidak menjadi pemicu perpecahan,” ujar Kapolri.

Kuliah umum yang disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Universitas Muhammadiyah Malang ini tidak hanya memberikan inspirasi kepada mahasiswa baru, tetapi juga menyoroti peran penting generasi muda dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih cerah. Semoga pesan-pesan dari Kapolri ini dapat mengilhami dan memotivasi para mahasiswa baru UMM untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. (u-hmsresma)

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Berita terbaru

spot_img